12:59 am - Sunday, September 21st, 2014

PROFIL

I.     PENGANTAR

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ( IPTEK ) diberbagai bidang termasuk bidang kesehatan pada dekade terakhir ini telah maju dengan sangat pesat. Disamping itu, pada era globalisasi ini, perkembangan tersebut disertai dengan kebebasan untuk berintekrasi antar Negara yang tidak tanpa batas lagi, sehingga apa yang terjadi disuatu negara akan dengan mudah dapat terjadi dinegara lainnya.

Pembangunan disektor kesehatan merupakan salah satu bagian terpadu dari pembangunan sumber daya manusia dalam upaya meningkatkan kualitas kesehatan derajat masyarakat sehingga dapat mewujudkan bangsa yang maju dan mandiri serta sejahtera lahir dan bathin, derajat kesehatan dan kualitas sumberdaya manusia yang bertujuan untuk meningkatkan usia harapan hidup serta menurunkan angka kematian ibu dan bayi. Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sarana dan prasarana penunjang serta sumber daya yang handal dibidangnya, sehingga kondisi kesehatan masyarakat dapat di tingkatkan.

Melihat pada peluang diatas dan besarnya permintaan masyarakat di Kota Batam sekitarnya akan pendidikan tinggi yang berbasis bidang ilmu kesehatan, maka “Yayasan Harapan Bunda Batam” yang didirikan di Batam berdasarkan Akte Notaries Isral Bakar, SH Nomor. 9 tanggal 21 Juli 1998 dan Akte Notaries Yuliantri, SH Nomor 04 tanggal 8 Mei 2003 dengan mempedomani Undang-Undang Nomor 28 tahun, merasa terpanggil untuk ikut berpastisipasi mencerdaskan masyarakat di propinsi kepulauan riau yang sangat membutuhkan ketersediaan perguruan tinggi bidang kesehatan.

Keterpanggilan pendiri “Yayasan Harapan Bunda” Batam untuk mengabdi dibidang pendidikan tinggi khususnya bidang kesehatan, hal ini dilatar belakangi oleh besarnya keinginan masyarakat dan lulusan SMA,SMK dan MAN di Batam yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi  bidang kesehatan, sementara bidang pendidikan kesehatan tersebut masih terbatas.

Memperhatikan kondisi tersebut diatas pada tahun akademik 2009/2010 “Yayasan Harapan Bunda ‘Batam yang telah sukses membina AKPER Mitra Bunda Persada Batam dan selanjutnya meningkatkan status AKPER Mitra Bunda Persada Batam menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes ) Mitra Bunda Persada Batam dengan menambah 2 program studi baru yaitu Program Studi Keperawatan ( S1 ) dan Program Studi Kebidanan ( D-III kebidanan ) dengan izin SK Mendiknas No : 145/D/O/2009. Terakreditasi Nasional BAN PT Nomor 004/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/V/2012

 

II.  SAMBUTAN KETUA STIKES

"KETUA STIKES MITRA BUNDA PERSADA"

Puji dan syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunianya sehingga STIKes Mitra Bunda Persada Batam masih dapat menjalankan pendidikan dan menghasilkan lulusan kesehatan sesuai program nasional dan memiliki daya saing didunia luar secara global.

Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia sangat dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu status sosial ekonomi, status pendidikan dan status kesehatan. Sejalan dengan hal tersebut, maka dibidang kesehatan semakin dibutuhkan SDM-Kesehatan yang berkualitas dan mampu menjawab berbagai permasalahan dibidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM-Kesehatan tersebut perlu dibina dan diarahkan melalui jalur perguruan tinggi yang diselenggarakan secara profesional.

Dengan Website ini dapat memberikan gambaran kepada masyarakat, tentang Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (Stikes) Mitra Bunda Persada Batam dimana merupakan pusat penyelenggaraan dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi yang bertujuan untuk menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan yang dapat menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, khususnya di bidang kesehatan dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat serta memperkaya kebudayaan nasional, mengembangkan sumber daya manusia sesuai kebutuhan pembangunan.

Semoga Stikes Mitra Bunda Persada dapat berkembang sesuai dengan visi dan misi yang diembannya.

 

III.          IDENTITAS

LOGO DAN FILOSOFI

Makna lambang STIKes Mitra Bunda Persada adalah sebagai berikut :

 

 


 

 

 

 

 

Segilima badan lambang : menggambarkan lima dasar Negara, lima rukun islam dan lima waktu shalat, disini kami dari Yayasan Harapan Bunda menginginkan sukses ini selalu ingat angka lima dalam pelaksanaannya

Warna hijau pada latar gambar

STIKes Mitra Bunda Persada Batam diharapkan penuh dengan kedamaian dan kelembutan

Lambang api

Melambangkan penerangan pada semua masyarakat terutama yang membutuhkan pengetahuan dan pelayanan kesehatan

Lambang buku

Buku menggambarkan STIKes Mitra Bunda Persada Batam ini menuntut mahasiswa untuk selalu belajar dan menambah pengetahuan sebagai media dalam menuntut ilmu 

Lambang tambah

Garis tepi warna merah pada lambang mengartikan berani

Putih pada dasar gambar menggambarkan suci

 

IV.          VISI DAN MISI

Visi

Menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang Unggul dan Terdepan dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan

Misi

Memiliki Model Institusi Pendidikan Ilmu Kesehatan yang memenuhi standar pendidikan kesehatan yang profesional dan dapat bersaing dikancah internasional

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat yang mendukung pembangunan nasional dengan kurikulum berbasis kopetensi dan berstandar internasional

Menghasilkan Sarjana Kesehatan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang handal, berakhlak mulia, mandiri dan mampu memberikan pelayanan dan pendidikan kesehatan bagi masyarakat global maupun lokal

 

V.          RENSTRA

1.   Kebijakan Umum

Tantangan dunia kesehatan dalam dua dekade ke depan merupakan fenomena yang perlu kita pertimbangkan. Dalam tatanan global sekarang ini kita menghadapi arus globalisasi, percepatan informasi, dan kemajuan teknologi yang sangat cepat sehingga perlu kita cermati. Sementara kondisi di dalam negeri Indonesa secara garis besar juga masih menyisahkan setumpuk problematika.

Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia sangat dipengaruhi oleh 3 faktor yaitu status sosial ekonomi, status penddikan dan status kesehatan. Sejalan dengan hal tersebut, maka dibidang kesehatan semakin dbutuhkan SDM-Kesehatan yang berkualitas dan mampu menjawab berbagai permasalahan dibidang kesehatan. Pengembangan pengetahuan dan keterampilan SDM-Kesehatan tersebut perlu dibina dan diarahkan melalui jalur perguruan tinggi yang diselenggarakan secara profesional.

Pada tanggal 29 Oktober 2002, Yayasan Harapan Bunda dengan segala perjuangan berusaha untuk menjawab tantangan tersebut dengan mendirikan Akademi Keperawatan Mitra Bunda Persada Batam. Seiring perjalanan waktu, Pulau Batam merupakan gerbang yang menghubungkan Indonesia dengan dunia Internasional dan strategis sebagai tempat arus globalisasi (Free Trade Zone), dituntut untuk dapat mengahasilkan lulusan SDM-Kesehatan yang kompeten dan dapat bersaing dengan lulusan – lulusan dari institusi pendidikan kesehatan lain dari luar kota batam maupun dari dunia internasional.

Sehingga, Pada Tanggal 9 September 2009 Yayasan Harapan Bunda kembali berusaha menjawab tantangan tersebut dengan mengadakan Re-status Akademi Keperawatan Mitra Bunda Persada menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Mitra Bunda Persada dan menambah dua program studi baru yaitu Program Studi D-III Kebidanan (Terakreditasi Nasional BAN PT Nomor 004/BAN-PT/Ak-XII/Dpl-III/V/2012) dan S-1 Keperawatan. Disahkan dengan dikeluarkannya SK Mendiknas RI No 145/D/O/2009 dan Mengangkat Dr.H.Mawardi Badar, MM sebagai Ketua STIKes Mitra Bunda Persada.

Agar dapat memanfaatkan keunggulan strategis secara lebih optimal, diperlukan jaminan tatanan manajemen STIKes Mitra Bunda Persada menuju kemandirian dalam menentukan kebijakan yang mencakup bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat

2.   Falsafah Dasar

Hak hidup STIKes Mitra Bunda Persada bersumber dari Keridhoan Allah SWT yang Manifestasinya diaktualisasikan melalui semangat pengabdian kepada masyarakat sebagaimana yang tercermin dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. Oleh karena itu STIKes Mitra Bunda Persada meneguhkan diri sebagai Kampus yang terdepan dalam menghasilkan lulusan yang kompeten dan pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

3.   Prinsip dasar

1)        Profesional dalam memenuhi standar pendidikan.

2)        Kompeten dalam menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan, pengetahuan yang handal, dan berakhlak mulia.

3)        Mandiri dalam menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan praktek profesi keperawatan dan kebidanan.

4.   Nilai dasar

Nilai dasar yang ditumbuh kembangkan dan yang diharapkan pada lulusan STIKes Mitra Bunda Persada Batam

a.   Berwawasan ilmu pengetahuan dan teknilogi

Setuap lulusan yang dihasilkan harus memiliki kemampuan untuk memanfaatkan serta pengembangan bebagai kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, wawasan ini dapat tercapai apabila muatan kurikulum local akan diperkaya dengan mata ajaran penelitan, baik dalam bentuk praktek yang pelaksanaannya dilakukan secara terpadu dengan kegiatan pendidikan dan pengabdian masyarakat

b.   Beriman dan berakhlak

Setiap luluan yang dihasilkan harus memiliki iman yang tinggi kepada tuhan yang maha esa serta memiliki akhlak yang sempurna, untuk mewujudkan wawasan ini, muatan kurikulum local akan diperkaya dengan mata ajaran agama dan budi pekerti. Kecuali itu nuansa keagamaan dan pekerti luhur juga akan ditumbuhkan dalam kehidupan kampus, yang harus dipatuhi tidak hanya oleh segenap mahasiswa, tetapi juga oleh segenap sivitas akademika.

5. Sasaran

Untuk Menjadikan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang Unggul dan Terdepan dalam Penyelenggaraan Tridarma Perguruan Tinggi Bidang Kesehatan, sasarannya adalah :

Sasaran kualitatif

Sesuai dengan konsep dasar yang telah ditetapkan yakni visi,misi, tujuan sekoalh tinggi, tujuan program pendidikan, serta rencana pengembangan yang telah ditetapkan, dapat diperkirakan sasaran kulitatif yang akan dicapai oleh stikes mitra  bunda persada batam adalah sebagai berikut :

  1. Berdirinya STIKes Mitra Bunda Persada Batam sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi yang andal dan terkemuka di Indonesia yang diharapkan dapat berperan aktif membantu pemerintah dalam mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia
  2. Dihasilkannya alumni STIKes Mitra Bunda Persada Batam yang dapat menerapkan, mengembangkan serta memberikan pelayanan keperawatan yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia serta segenap umat manusia
  3. Dihasilkannya alumni STIKes Mitra Bunda Persada Batam yang dapat menjadi tenaga professional yang handal dan berperan sebagai tenaga kesehatan Indonesia yang tangguh, beriman serta berwawasan nasional
  4. Dihasilkannya alumni STIKes Mitra Bunda Persada Batam yang ahli dibidangnya dan dapat berperan serta dalam pembangunan nasional melalui pelayanan keperawatan secara swadaya, dan / ataupun mampu mengabdikan diri pada berbagai fasilitas pelayanan kesehatan, BUMN dan atau instansi pemerintah serta instansi swasta

Sasaran kuantitatif

Adapun sasaran kuantitatif yang dicapai stikes mitra bunda persada batam adalah :

  1. Sampai dengan tahun kelima, dapat menampung tenaga kerja sebanyak 30 orang yang terdii dari unsure pimpinan, staf, pengajar dan staf administrasi
  2. Pada tahun pertama dan kedua dapat menampung calon mahasiswa baru sebanyak 100-150 orang
  3. Pada tahun ketiga dapat menampung calon mahasiswa baru sebanyak 250 orang
  4. Pada tahun berikutnya diharapkan calon mahasiswa baru terus meningkat